Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai Dropdownlist ASP.Net dengan JQuery

Posted by Edi Prakoso On Selasa, 10 Juli 2012 0 komentar

Hai Sobat, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan sharing tentang bagaimana mendapatkan nilai Dropdownlist ASP.Net dengan JQuery. Seperti pada artikel sebelumnya, yang membahas tentang mendapatkan nilai textbox dengan jQuery, maka kali ini yang diakses oleh jQuery adalah Dropdownlist. 

Seperti yang sobat tau, bahwa ASP.Net sangat mempermudah developer dalam pembuatan aplikasi web. kontrol select milik HTML dibungkus sedemikian rupa menjadi sebuah kontrol Dropdownlist yang sangat mempermudah developer. Namun, bagaimanapun juga, kontrol kontrol yang ada diASP.Net pada saat dijalankan akan diubah menjadi kode HTMLbiasa, yang dapat kita akses dengan jQuery.

Nah, untuk sharing kali ini, pertama kali kita buat dulu sebuah webform pada ASP.Net dengan tampilan :

Dalam rancangan, masukkan komponen Dropdownlist dan Button, kemudian untuk Dropdownlist, Pada jendela Properti, pilih item, masukan item satu persatu, seperti pada gambar berikut ini:

Masukkan Google, Bing dan Yahoo. Kemudian seperti biasa referensikan jquery pada webform kita, jika belum tau cara mereferensikan jquery di webform ASP.Net, silahkan baca artikel sebelumnya.Langkah selanjutnya adalah diantara tag head, ketikkan kode berikut ini:



Nah, selesai deh sobat, coba jalankan projectnya, dan rasakan kemudahan mendapatkan nilai dropdownlist dengan jQuery. :)

untuk source code yang digunakan dalam sharing kali ini, dapat download di mediafire

Kalau sobat kurang jelas, jangan sungkan bertanya ya.. dunia edi siap membantu. :)
atau kalo sobat ada hal hal baru yang belum paham betul, bisa request artikel di menu Request Artikel

Semoga artikel Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai Dropdownlist ASP.Net dengan JQuery bermanfaat bagi Anda.



Terima kasih sobat sudah singgah di blog Dunia Edi
Judul :
Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai Dropdownlist ASP.Net dengan JQuery
Ditulis oleh Edi Prakoso
Anda sedang membaca artikel Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai Dropdownlist ASP.Net dengan JQuery. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://duniaedi.blogspot.com/2012/07/tutorial-aspnet-jquery-mendapatkan_10.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar