Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai TextBox ASP.Net dengan JQuery

Posted by Edi Prakoso On Senin, 09 Juli 2012 2 komentar

Hai sobat, kembali lagi bersama dunia edi, kali ini saya ingin sharing tentang ASP.Net dan JQuery. Kalau ASP.Net tentu sobat sudah tau, tapi kalau belum tau, bisa membaca apa itu ASP.Net di Wikipedia. Kemudian JQuery adalah Framework Javascript, yang kalau pengertian dari webnya 
jQuery is a fast and concise JavaScript Library that simplifies HTML document traversing, event handling, animating, and Ajax interactions for rapid web development. jQuery is designed to change the way that you write JavaScript.

Dari pengertian diatas, bisa kita simpulkan bahwa jQuery dibuat untuk mempermudah pengembangan web yang menggunakan javascript. jQuery bisa digunakan oleh semua bahasa pemrograman yang mendukung penggunaan javascript (PHP,JSP, ASP Classic, ASP.Net dll). Dalam sharing kali ini, kita akan mencoba menggunakan jQuery dengan ASP.Net, yaitu mendapatkan nilai textbox ASP.Net dengan jQuery. Tool yang saya gunakan adalah Visual Studio 2010.

Langkah pertama adalah kita membuat sebuah webform diASP.Net dengan nama Webform1. rancanglah webform itu dengan rancangan :
Rancangan diatas berisi sebuah Textbox dan sebuah Button, keduanya merupakan Control ASP.Net. Ubah Property ID dari textbox menjadi txtNama dan properti ID button menjadi btnSubmit.


Sebelum melanjutkan, kita perlu mendapatkan framework jQuery yang dapat didonwnload di website jQuery. Setelah download selesai, ekstrak lalu kopikan jQuery.js kedalam projek. Pada source Webform1.aspx, bagian tag head, masukkan referensi script jQuery.

Kemudian dibawah deklarasi referensi jQuery, masukkan kode berikut :
Nah langkah terakhir adalah tinggal menjalankan dan melihat bagaimana mudahnya menggunakan jQuery. :)

Untuk source code yang digunakan dalam sharing kali ini bisa didownload dimediafire

Kalau sobat kurang jelas, jangan sungkan bertanya ya.. dunia edi siap membantu. :)
atau kalo sobat ada hal hal baru yang belum paham betul, bisa request artikel di menu Request Artikel

Semoga artikel Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai TextBox ASP.Net dengan JQuery bermanfaat bagi Anda.



Terima kasih sobat sudah singgah di blog Dunia Edi
Judul :
Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai TextBox ASP.Net dengan JQuery
Ditulis oleh Edi Prakoso
Anda sedang membaca artikel Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai TextBox ASP.Net dengan JQuery. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://duniaedi.blogspot.com/2012/07/tutorial-aspnet-jquery-mendapatkan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

12 Januari 2013 pukul 18.39

tutorialnya kurang jelas boss

Terimakasih Tutorial Pemrograman atas Komentarnya di Tutorial ASP.Net JQuery : Mendapatkan nilai TextBox ASP.Net dengan JQuery
15 Januari 2013 pukul 19.13

@Tutorial Pemrograman

bagian mana nih yang kurang jelas??
hem,, kan udah ada donlodnya juga.. hehe

Posting Komentar