Memulai Belajar Pemrograman

Posted by Edi Prakoso On Sabtu, 07 Juli 2012 4 komentar

Hai Sobat, bagaimana sih caranya Memulai Belajar Pemrograman? Pertanyaan ini harus bisa dijawab oleh sobat yang memang mau belajar pemrograman, menurut saya, untuk dapat bisa (bisa dulu yah, belum mahir) yang pertama adalah niat untuk bisa, baru yang kedua belajar dasar dasarnya. :)

Dasar untuk pemrograman adalah logika, terutama logika informatika. Dulu pada saat saya pertama kali belajar pemrograman, saya menghabiskan sekitar 6 minggu hanya untuk materi logika, jadi ketika kita berpindah pindah bahasa, dasar kita sudah ada.

Setelah logika sudah lumayan, baru yang ketiga kita memilih bahasa pemrograman. Ini penting, karena bahasa pertama kalo yang kita kenal, bahasa itu akan selalu teringat (berdasarkan pengalaman saya sih). Nah untuk masalah bahasa ini, saya sarankan untuk belajar bahasa turunan C ( entah itu C, C++,C#, Java, PHP). Kenapa C? karena hampir semua bahasa modern sekarang diturunkan dari bahasa C.

Langkah yang keempat adalah sering sering latihan, buat tantangan untuk sobat,buat masalah baru, kemudian selesaikan sendiri, ulangi dan ulangi agar sobat terbiasa dengan pemrograman itu sendiri. Kenapa sih harus menciptakan tantangan? Karena berdasarkan pengalaman saya, belajar kalau tidak ada motivasinya, rasanya malas sekali, tetapi bila ada tujuannya, maka kita akan semangat untuk dapat menyeleseikannya ( secara otomatis kita belajar).

Apakah sudah cukup? Belum, langkah yang terakhir adalah jangan cepat puas, karena masih sangat banyak yang bisa dipelajari, masih banyak konsep yang dapat mempermudah, mempercepat pemrograman, atau performa program yang dihasilkan, tentu dengan dipelajari dulu kan. 

Nah, sekian dulu postingan saya, saya mau belajar lagi. :)

Kalau sobat kurang jelas, jangan sungkan bertanya ya.. dunia edi siap membantu. :)
atau kalo sobat ada hal hal baru yang belum paham betul, bisa request artikel di menu Request Artikel

Semoga artikel Memulai Belajar Pemrograman bermanfaat bagi Anda.



Terima kasih sobat sudah singgah di blog Dunia Edi
Judul :
Memulai Belajar Pemrograman
Ditulis oleh Edi Prakoso
Anda sedang membaca artikel Memulai Belajar Pemrograman. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://duniaedi.blogspot.com/2012/07/memulai-belajar-pemrograman.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 4 komentar

9 Juli 2012 pukul 21.55

asiikkk. blog baru... blog go blog... Siph deh... :D

Terimakasih akuyangsekarang atas Komentarnya di Memulai Belajar Pemrograman
3 September 2012 pukul 01.03

Wah keren nih,, mas edi, boleh tidak saya tau no kontaknya / hp nya.. karena saya serius mau belajar nih... kalau bisa sih kursus privat ke mas edi.. ini no hp saya ridwan 085796145539,..
semoga pesan ini di tanggapi oleh mas edi.. oh iya mas sekalian saya mau pesan program aplikasi ... plesss kontak saya ya.. thanks :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Memulai Belajar Pemrograman
7 September 2012 pukul 22.44

@ridwan firdaus

hemm,, kalo mau belajar serius,, saya mungkin bisa bantu mas ridwan,,

kita bisa tetep berhubungan lewat email, atau lewat blog ini.. :)

Anonim
10 November 2012 pukul 03.00

Hmm, ternyata ada calon system programmer juga neh ya! Asiik!!! Bisa buat sharing² nih :D
Klw ane, buat persiapan sudah saya pljri ntu logika dan skrng uda mly mnggnkan C++ For GNU/Linux
Ada yg tau ngg dmn alm. web kursus C++ online? Klw ada yg tau, tlng send ke mtd.meprisa@gmail.com ya? Mksh sblm.na! Hidup Indonesian Programmer! Jaya sll n pntng mnyrah, ya kakak²!? Bner jga neh blog, prtma hrs ada niat n smngt d programming, stlh ntu baru dah bnih² semangat programer muncul! Stlh ntu, kita tanam dengan semangat awal lalu d srm dngn semangat pantang mnyrh tuk dpljri, d pupuk dngn bhs pemrograman yg d mnti, llu djga khdpannya agar tmbh mnjdi besar lalu jngn lpa tuk mnjgnya dr brbgai mcm gangguan hama cnthnya malas, rasa ketidak mmpuan, kepuasan awal, dll. Inget, kbrhsln awl blm pst dpt brthn lma dan kggln yg d ralat dpt mlncrkn fotosintetis n dpt qt ptik hasil buah yg qt inginkan tuk jdi programer sistem! :D jadi bnyk omong gua n maaf kk², aq mau kursus C/C++ GNU scr online tpi blm tw d alm mna, jdi, mnta tlng y kk²!? System Programmer, Jaya! ﹋o﹋

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Memulai Belajar Pemrograman

Posting Komentar