Tutorial ASP.Net dengan jQuery : Mendapatkan Selected Item CheckBoxlist ASP.Net dengan jQuery

Posted by Edi Prakoso On Rabu, 11 Juli 2012 0 komentar

Hai Sobat, kembali lagi bersama dunia edi, kali ini saya ingin sharing tentang CheckBoxList di ASP.Net. ASP.Net memang sangat kaya akan pengembangan web, checkbox yang dulu diHTML harus diketikkan manual, diset property manual (walaupun ada tool seperti DreamWeaver yang memudahkan pembuatan kontrol HTML), namun di ASP.Net checkbox ini dibungkus sedemikian rupa sehingga seperti kita mengembangkan aplikasi desktop. Salut deh buat Microsoft dengan Visual Studionya.

Kembali lagi ke topik, kasus disini adalah saya ingin mendapatkan selected item (item yang dipilih) dari CheckBoxList, tetapi dengan jQuery. Jadi kita mengambil selected itemnya di client side. Tool yang saya gunakan dalam sharing kali ini adalah Visual Studio 2010.

Persiapan :
Langkah pertama adalah membuat project baru, pilih ASP.Net Web Application, saya beri nama jquery. Kemudian buat sebuah web form, beri nama webform1. Buat tampilan seperti ini :
Atau sobat bisa Copy Paste script berikut ke webform1.aspx, letakkan diantara tag form.  

Setelah itu, referensikan jQuery pada webform1.aspx, caranya adalah pada solution explorer, expand folder Scripts, kemudian seret jquery-.1.4.1.min.js kedalam webform.aspx. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini. 

Nanti akan secara otomatis mereferensi ke framework jQuery.

Saatnya Beraksi

Sekarang kita akan menambahkan script jquery pada halaman webform1.aspx. Yang pertama adalah ketikan script berikut ini dibawah referensi jQuery.  

Source code yang digunakan dalam sharing kali ini bisa sobat download di mediafire

Kalau sobat kurang jelas, jangan sungkan bertanya ya.. dunia edi siap membantu. :)
atau kalo sobat ada hal hal baru yang belum paham betul, bisa request artikel di menu Request Artikel

Semoga artikel Tutorial ASP.Net dengan jQuery : Mendapatkan Selected Item CheckBoxlist ASP.Net dengan jQuery bermanfaat bagi Anda.



Terima kasih sobat sudah singgah di blog Dunia Edi
Judul :
Tutorial ASP.Net dengan jQuery : Mendapatkan Selected Item CheckBoxlist ASP.Net dengan jQuery
Ditulis oleh Edi Prakoso
Anda sedang membaca artikel Tutorial ASP.Net dengan jQuery : Mendapatkan Selected Item CheckBoxlist ASP.Net dengan jQuery. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://duniaedi.blogspot.com/2012/07/selecteditem-checkboxlist-dengan-jquery.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar